Friday, May 1, 2009

Macromedia Dreamweaver

Macromedia Dreamweaver adalah program untuk membuat dan mengedit dokumen HTML secara visual dan mengelola halaman sebuah situs. Dreamweaver menyediakan banyak perangkat yang berkaitan dengan pengkodean dan fitur seperti HTML, CSS, JavaScript, PHP, ASP, ColdFusion, dan XML.

Di bawah ini adalah area kerja di Macromedia Dreamweaver beserta fungsinya :

1. Menu Bar berisi semua perintah yang dapat digunakan untuk bekerja pada Dreamweaver.
2. Insert bar berisi tombol-tombol untuk menyisipkan berbagai macam obyek seperti image, table, layer, dll ke dalam dokumen.
3. Document toolbar digunakan untuk mengubah tampilan dan mengakses fungsi-fungsi penting secara cepat dan mudah. Pada toolbar dokumen terdapat menu untuk berpindah antar dokumen kerja window dan mengatur tampilan area kerja. Untuk mengatur tampilan kita bisa memilih Code, Split dan Design
4. Document window merupakan komponen dimana dokumen kita dibuat dan ditampilkan.
5. Tag selector berfungsi menampilkan hirarki tag disekitar pilihan yang aktif pada design view.
6. Properties inspector memberikan fasilitas untuk melihat dan mengubah berbagai property obyek yang dipilih atau teks.
7. Panel groups adalah kumpulan panel berkaitan yang dikelompokkan bersama di bawah naungan satu judul.
8. Site panel memberikan fasilitas untuk mengatur folder dan file yang menyusun website anda. Site panel juga menyediakan tampilan dari semua file pada disk lokal anda, seperti windows explorer ( windows ).
9. Tag inspector merupakan salah satu fasilitas baru Dreamweaver MX dimana kita dapat melihat hirarki tag dan atribut-atribut yang dapat ditambah atau diedit.

No comments:

Post a Comment